yuk kenalan sama yoghurt ;)

10:01:00 AM




baiklah. .siapa sih yang ngga kenal sama YOGHURT ?

iya deh, buat yang belum kenal sini aku kenalin sama yang namanya YOGHURT :)
menurut om wikipedia, Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt telah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun dan telah terkenal di seluruh dunia dewasa ini.
iyaaa, miuman olahan dari susu yang asem-asem itu :D
udah kenal sekarang ?

yoghurt merupakan susu asam hasil fermentasi bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus.
Bakteri-bakteri ini mampu menguraikan gula susu (laktosa) menjadi asam laktat. Asam laktat inilah yang menyebabkan yoghurt rasanya asam. Proses fermentasi menyebabkan kadar laktosa dalam yoghurt berkurang, sehingga yoghurt aman dikonsumsi oleh orang yang alergi susu dan lansia.

Dari segi gizi, yoghurt tidak jauh berbeda dengan susu. Tetapi, karena melalui proses fermentasi ada beberapa zat gizi yang kandungannya lebih tinggi pada yoghurt seperti vitamin B1, vitamin B2, serta beberapa jenis asam amino penyusun protein.

Setiap 100 g yoghurt mengandung 52 kkal, protein 3,3 g, lemak 2,5 g, karbohidrat 4,0 g, kalsium 120 mg, fosfor 90 mg, zat besi 0,1 mg, retinol 22 mcg, dan thiamine 0,04 mg.

di pasaran umumnya terdapat 2 jenis yoghurt teman2...yaitu :
1) yoghurt tawar (plain Yoghurt) yang kental dan bergumpal-gumpal, yoghurt plain ini masih berasa asli banget, dan yak ! rasanya aseeemmmm >.<
2) yoghurt siap santap dengan tekstur encer dan sudah ditambahkan gula dan rasa buah-buahan. jadi buat yang ngga kuat sama yang asem2, bisa minum yoghurt jenis ini :)
keunggulan plain yoghurt dibandingkan yoghurt rasa buah lainnya :
- Plain yoghurt berisi sekitar satu setengah dari jumlah kalori yang sama
- Plain yoghurt mengandung jumlah protein hampir dua kali.
- Plain yoghurt lebih berisi kapur.
- Plain yoghurt tidak ditambahkan gula.

lalu apa aja sih manfaat yoghurt itu ?
inilah manfaat yoghurt yang saya ambil dari berbagai sumber :

1. "Membersihkan" usus
Bakteri asam laktat yang terdapat dalam yoghurt di usus besar mampu menyerap zat mutagenik dari makanan, sehingga secara tak langsung dapat "membersihkan" usus. Dengan minum atau makan yoghurt secara teratur akan membantu mencegah kanker usus. Apalagi yoghurt juga menghasilkan zat-zat yang diperlukan oleh hati sehingga berguna untuk pencegahan penyakit kanker. Selain itu, bakteri Lactobacillus Bulgaricus juga memiliki efek antitumor dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap tumor.

2. Sebagai antibiotik
Ada zat bermanfaat yang dihasilkan oleh bakteri Lactobacillus Bulgaricus, disebut bulgarikan. Zat ini berfungsi sebagai antibiotik spesifik yang hanya membersihkan mikroorganisme yang merugikan saja. Bakteri "jahat" yang dihambat antara lain Staphylococcus aureus, Shigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella typhii (penyebab tipus), Clostridium botulinum (penyebab botulinum, yaitu keracunan makanan kaleng), juga mencegah sembelit. Umumnya sehabis menjalani pengobatan dengan antibiotik, dokter menganjurkan pasien minum yoghurt. Tujuannya untuk memulihkan keseimbangan mikroflora usus.

3. Menurunkan kolesterol
Yoghurt terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena di dalamnya terkandung zat antikolesterol yang mampu menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Ditambah lagi kolesterol yang terbentuk juga diserap oleh pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus dan bakteri Bifidobakterium bifidum. Penyerapan ini terjadi di usus kecil dan membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

4. Untuk Kecantikan
Rambut. Jika rambut Anda kasar dan bercabang, campurkan yoghurt dengan telur, lalu oleskan secara merata pada rambut dan pijat-pijat supaya meresap ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit sambil dibungkus dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa.

Wajah. Sejak berabad silam wanita Persia menggunakan yoghurt untuk masker yang bermanfaat mengurangi dan menghilangkan keriput. Sampai saat ini pun manfaat ini masih bisa dirasakan. Caranya: sediakan 1/2 gelas yoghurt tawar dan 5 tetes air jeruk lemon. Campur kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah, biarkan selama beberapa saat sampai masker mengering dan kulit terasa kencang. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk bersih. Masker yoghurt juga dipercaya menghilangkan noda hitam di wajah.

Kulit. Scrub yoghurt sangat bermanfaat untuk membuang kulit mati pada tubuh. Campurkan yoghurt pada air mandi hangat-hangat kuku Anda. Selain bisa membuat kulit tubuh lebih kenyal, kulit Anda pun lebih bersinar.

5. Nutrisi untuk diet
Kandungan gizi yoghurt sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan susu segar. Dalam yoghurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tapi kan-dungan lemaknya lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet rendah kalori.

6. Meningkatkan pertumbuhan.
Hasil penelitian dengan tikus percobaan
menunjukkan bakteri yang hidup pada yoghurt terutama Streptococcus
thermophilus, memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertambahan berat
badan tikus, yaitu dengan cara meningkatkan daya cerna dan absorpsi
pada saluran pencernaannya.

7. Mengatur saluran pencernaan.
Asam laktat dari yoghurt dapat
merangsang gerakan peristaltik hampir pada semua bagian dalam saluran
pencernaan. Rangsangan gerakan peristaltik tersebut dapat memelihara
kesehatan tubuh melalui peningkatan proses pencernaan, penyerapan,
pembuangan feses, dan pembuangan bakteri patogen dari saluran
pencernaan.

8. Memperbaiki gerakan perut.
Suatu penelitian yang dilakukan pada
sejumlah lansia menunjukkan, pemberian kultur streptococcus
thermophilus dapat meningkatkan gerakan perut dari 4,8 kali dalam 10
hari menjadi 5,7 kali. Gerakan perut ini diperlukan untuk memperlancar
proses pengeluaran feses. Pada saat yoghurt melalui saluran pencernaan
terjadi peningkatan jumlah bakteri bifidobacterium yang ikut berperan
dalam menormalkan gerakan perut.

9. Antikanker.
Penelitian pada tikus menunjukkan, penggandaan sel-sel
kanker pada tikus yang diberi makan yoghurt lebih terhambat daripada
tikus percobaan tanpa yoghurt. Bakteri-bakteri yang berperan dalam
fermentasi susu dapat mengubah zat-zat prekarsinogenik yang ada dalam
saluran pencernaan sehingga dapat menghambat terjadinya kanker.

10. Menghambat pertumbuhan bakteri patogen.
Asam laktat dapat mengurangi atau membunuh bakteri patogen (bakteri penyebab penyakit) dan menekan produksi senyawa-senyawa berbahaya, seperti amin, fenol,
skatol, dan H2S yang diproduksi oleh bakteri patogen. Bakteri penghasil asam laktat juga memproduksi antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Oleh karena itu, yoghurt mempunyai nilai pengobatan terhadap lambung dan usus yang terluka.

11. Membantu penderita lactose intolerance.
Minum susu terfermentasi seperti yoghurt sangat dianjurkan bagi orang mengalami defisiensi enzim. Bakteri asam laktat dapat memfermentasi laktosa yang ada di
dalam susu menjadi glukosa dan galaktosa, serta merangsang sekresi enzim laktase di dalam saluran pencernaan.

12. Antidiare.
Yoghurt dapat mencegah aktivitas dan pertumbuhan berbagai bakteri patogen penyebab gastrointeritis pemicu penyakit diare. Lactobacillus bulgaricus (salah satu bakteri yang berperan dalam pembentukan yoghurt) dapat memproduksi bulgarican, yaitu
antimikroba yang efektif untuk menghambat organisme patogen.

13. Mencegah osteoporosis.
Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.

14. Mengurangi risiko terjadinya infeksi pda vagina.
Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.

15. Menurunkan risiko darah tinggi.
Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

16. Mencegah jantung koroner.
Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus yang terdapat dalam yoghurt, akan menghasilkan asam folat dan vitamin B kompleks, kedua vitamin ini berguna mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

tips memilih yoghurt :
1. Pilih yoghurt yang mengandung kultur aktif yang masih hidup.
Dengan kultur hidup, setelah masuk ke dalam usus, yoghurt langsung aktif dan mulai bekerja memecah laktose menghasilkan asam laktat. Cara mudahnya adalah dengan membeli yoghurt yang masih segar/belum dibekukan.

2. Pilihlah yoghurt yang kental.

3. Pilihlah yoghurt yang disimpan di suhu dingin/lemari es agar khasiat mikroorganismenya tidak berkurang.


4. Cermati tanggal kedaluwarsanya.

5. Bila Anda penderita mag/gastritis, sebaiknya perhatikan keasaman yoghurt.
Bakteri baik yang dikandung yoghurt sebenarnya baik bagi kesehatan pencernaan penderita gastritis, tetapi rasa asamnya dapat merangsang gas dalam perut sehingga membuat lambung terasa perih.

Konsumsi yoghurt dalam jumlah cukup setiap hari secara teratur agar khasiatnya dapat dirasakan :)


udah ngga ragu kan untuk mengkonsumsi yoghurt ?
yuk minum yoghurt :)

sekalian promosi nih, orangtua hani kebetulan memproduksi yoghurt asli home made, tanpa pengawet dan kualitasnya udah ga perlu dipertanyakan lagi ;)
info lebih lanjut, hubungi hani aja yah^^
mau sms, telpon, Y!M hunny_90, via facebook, twitter
terima kasih :)

(tulisan menganai yoghurt ini dilansir dari berbagai sumber di internet)




-hunny-

You Might Also Like

6 comments

  1. wow parah nih asli jadi pengen yoghurt bangeeeeett :)

    mampir jg dong, boleh? :)
    sumpitngakak.blogspot.com
    thx :)

    ReplyDelete
  2. kunjungan blog,,,haha,,,beginilah blogwalking...
    btw,,,postingan ttg yoghurtnya bagus, mari sukseskan gerakan minum/konsumsi susu/olahan susu...
    Btw, starternya sekalian ngebiakin ga? apa beli tok?
    salam blogger.

    ReplyDelete
  3. Numpang promosi ya..
    Kalo mau pesan yoghurt bisa di Yoghurt Padang Panjang. Website: http://www.yoghurtpadangpanjang.com/

    Terimakasih -hunny-
    hehe..

    ReplyDelete
  4. Nice info... Jadi nambah pengetahuan tentang yoghurt nih.. Numpang coppas boleh ya..

    ReplyDelete
  5. Seneng baca gaya penulisannya
    hahahaha
    terima kasih telah share tentang manfaat yoghurt ya

    ReplyDelete

terima kasih :)

Saturday, June 4, 2011

yuk kenalan sama yoghurt ;)

Posted by - h u n n y - at 10:01:00 AM



baiklah. .siapa sih yang ngga kenal sama YOGHURT ?

iya deh, buat yang belum kenal sini aku kenalin sama yang namanya YOGHURT :)
menurut om wikipedia, Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt telah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun dan telah terkenal di seluruh dunia dewasa ini.
iyaaa, miuman olahan dari susu yang asem-asem itu :D
udah kenal sekarang ?

yoghurt merupakan susu asam hasil fermentasi bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus.
Bakteri-bakteri ini mampu menguraikan gula susu (laktosa) menjadi asam laktat. Asam laktat inilah yang menyebabkan yoghurt rasanya asam. Proses fermentasi menyebabkan kadar laktosa dalam yoghurt berkurang, sehingga yoghurt aman dikonsumsi oleh orang yang alergi susu dan lansia.

Dari segi gizi, yoghurt tidak jauh berbeda dengan susu. Tetapi, karena melalui proses fermentasi ada beberapa zat gizi yang kandungannya lebih tinggi pada yoghurt seperti vitamin B1, vitamin B2, serta beberapa jenis asam amino penyusun protein.

Setiap 100 g yoghurt mengandung 52 kkal, protein 3,3 g, lemak 2,5 g, karbohidrat 4,0 g, kalsium 120 mg, fosfor 90 mg, zat besi 0,1 mg, retinol 22 mcg, dan thiamine 0,04 mg.

di pasaran umumnya terdapat 2 jenis yoghurt teman2...yaitu :
1) yoghurt tawar (plain Yoghurt) yang kental dan bergumpal-gumpal, yoghurt plain ini masih berasa asli banget, dan yak ! rasanya aseeemmmm >.<
2) yoghurt siap santap dengan tekstur encer dan sudah ditambahkan gula dan rasa buah-buahan. jadi buat yang ngga kuat sama yang asem2, bisa minum yoghurt jenis ini :)
keunggulan plain yoghurt dibandingkan yoghurt rasa buah lainnya :
- Plain yoghurt berisi sekitar satu setengah dari jumlah kalori yang sama
- Plain yoghurt mengandung jumlah protein hampir dua kali.
- Plain yoghurt lebih berisi kapur.
- Plain yoghurt tidak ditambahkan gula.

lalu apa aja sih manfaat yoghurt itu ?
inilah manfaat yoghurt yang saya ambil dari berbagai sumber :

1. "Membersihkan" usus
Bakteri asam laktat yang terdapat dalam yoghurt di usus besar mampu menyerap zat mutagenik dari makanan, sehingga secara tak langsung dapat "membersihkan" usus. Dengan minum atau makan yoghurt secara teratur akan membantu mencegah kanker usus. Apalagi yoghurt juga menghasilkan zat-zat yang diperlukan oleh hati sehingga berguna untuk pencegahan penyakit kanker. Selain itu, bakteri Lactobacillus Bulgaricus juga memiliki efek antitumor dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap tumor.

2. Sebagai antibiotik
Ada zat bermanfaat yang dihasilkan oleh bakteri Lactobacillus Bulgaricus, disebut bulgarikan. Zat ini berfungsi sebagai antibiotik spesifik yang hanya membersihkan mikroorganisme yang merugikan saja. Bakteri "jahat" yang dihambat antara lain Staphylococcus aureus, Shigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella typhii (penyebab tipus), Clostridium botulinum (penyebab botulinum, yaitu keracunan makanan kaleng), juga mencegah sembelit. Umumnya sehabis menjalani pengobatan dengan antibiotik, dokter menganjurkan pasien minum yoghurt. Tujuannya untuk memulihkan keseimbangan mikroflora usus.

3. Menurunkan kolesterol
Yoghurt terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena di dalamnya terkandung zat antikolesterol yang mampu menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Ditambah lagi kolesterol yang terbentuk juga diserap oleh pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus dan bakteri Bifidobakterium bifidum. Penyerapan ini terjadi di usus kecil dan membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

4. Untuk Kecantikan
Rambut. Jika rambut Anda kasar dan bercabang, campurkan yoghurt dengan telur, lalu oleskan secara merata pada rambut dan pijat-pijat supaya meresap ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit sambil dibungkus dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa.

Wajah. Sejak berabad silam wanita Persia menggunakan yoghurt untuk masker yang bermanfaat mengurangi dan menghilangkan keriput. Sampai saat ini pun manfaat ini masih bisa dirasakan. Caranya: sediakan 1/2 gelas yoghurt tawar dan 5 tetes air jeruk lemon. Campur kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah, biarkan selama beberapa saat sampai masker mengering dan kulit terasa kencang. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk bersih. Masker yoghurt juga dipercaya menghilangkan noda hitam di wajah.

Kulit. Scrub yoghurt sangat bermanfaat untuk membuang kulit mati pada tubuh. Campurkan yoghurt pada air mandi hangat-hangat kuku Anda. Selain bisa membuat kulit tubuh lebih kenyal, kulit Anda pun lebih bersinar.

5. Nutrisi untuk diet
Kandungan gizi yoghurt sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan susu segar. Dalam yoghurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tapi kan-dungan lemaknya lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet rendah kalori.

6. Meningkatkan pertumbuhan.
Hasil penelitian dengan tikus percobaan
menunjukkan bakteri yang hidup pada yoghurt terutama Streptococcus
thermophilus, memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertambahan berat
badan tikus, yaitu dengan cara meningkatkan daya cerna dan absorpsi
pada saluran pencernaannya.

7. Mengatur saluran pencernaan.
Asam laktat dari yoghurt dapat
merangsang gerakan peristaltik hampir pada semua bagian dalam saluran
pencernaan. Rangsangan gerakan peristaltik tersebut dapat memelihara
kesehatan tubuh melalui peningkatan proses pencernaan, penyerapan,
pembuangan feses, dan pembuangan bakteri patogen dari saluran
pencernaan.

8. Memperbaiki gerakan perut.
Suatu penelitian yang dilakukan pada
sejumlah lansia menunjukkan, pemberian kultur streptococcus
thermophilus dapat meningkatkan gerakan perut dari 4,8 kali dalam 10
hari menjadi 5,7 kali. Gerakan perut ini diperlukan untuk memperlancar
proses pengeluaran feses. Pada saat yoghurt melalui saluran pencernaan
terjadi peningkatan jumlah bakteri bifidobacterium yang ikut berperan
dalam menormalkan gerakan perut.

9. Antikanker.
Penelitian pada tikus menunjukkan, penggandaan sel-sel
kanker pada tikus yang diberi makan yoghurt lebih terhambat daripada
tikus percobaan tanpa yoghurt. Bakteri-bakteri yang berperan dalam
fermentasi susu dapat mengubah zat-zat prekarsinogenik yang ada dalam
saluran pencernaan sehingga dapat menghambat terjadinya kanker.

10. Menghambat pertumbuhan bakteri patogen.
Asam laktat dapat mengurangi atau membunuh bakteri patogen (bakteri penyebab penyakit) dan menekan produksi senyawa-senyawa berbahaya, seperti amin, fenol,
skatol, dan H2S yang diproduksi oleh bakteri patogen. Bakteri penghasil asam laktat juga memproduksi antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Oleh karena itu, yoghurt mempunyai nilai pengobatan terhadap lambung dan usus yang terluka.

11. Membantu penderita lactose intolerance.
Minum susu terfermentasi seperti yoghurt sangat dianjurkan bagi orang mengalami defisiensi enzim. Bakteri asam laktat dapat memfermentasi laktosa yang ada di
dalam susu menjadi glukosa dan galaktosa, serta merangsang sekresi enzim laktase di dalam saluran pencernaan.

12. Antidiare.
Yoghurt dapat mencegah aktivitas dan pertumbuhan berbagai bakteri patogen penyebab gastrointeritis pemicu penyakit diare. Lactobacillus bulgaricus (salah satu bakteri yang berperan dalam pembentukan yoghurt) dapat memproduksi bulgarican, yaitu
antimikroba yang efektif untuk menghambat organisme patogen.

13. Mencegah osteoporosis.
Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.

14. Mengurangi risiko terjadinya infeksi pda vagina.
Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.

15. Menurunkan risiko darah tinggi.
Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

16. Mencegah jantung koroner.
Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus yang terdapat dalam yoghurt, akan menghasilkan asam folat dan vitamin B kompleks, kedua vitamin ini berguna mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

tips memilih yoghurt :
1. Pilih yoghurt yang mengandung kultur aktif yang masih hidup.
Dengan kultur hidup, setelah masuk ke dalam usus, yoghurt langsung aktif dan mulai bekerja memecah laktose menghasilkan asam laktat. Cara mudahnya adalah dengan membeli yoghurt yang masih segar/belum dibekukan.

2. Pilihlah yoghurt yang kental.

3. Pilihlah yoghurt yang disimpan di suhu dingin/lemari es agar khasiat mikroorganismenya tidak berkurang.


4. Cermati tanggal kedaluwarsanya.

5. Bila Anda penderita mag/gastritis, sebaiknya perhatikan keasaman yoghurt.
Bakteri baik yang dikandung yoghurt sebenarnya baik bagi kesehatan pencernaan penderita gastritis, tetapi rasa asamnya dapat merangsang gas dalam perut sehingga membuat lambung terasa perih.

Konsumsi yoghurt dalam jumlah cukup setiap hari secara teratur agar khasiatnya dapat dirasakan :)


udah ngga ragu kan untuk mengkonsumsi yoghurt ?
yuk minum yoghurt :)

sekalian promosi nih, orangtua hani kebetulan memproduksi yoghurt asli home made, tanpa pengawet dan kualitasnya udah ga perlu dipertanyakan lagi ;)
info lebih lanjut, hubungi hani aja yah^^
mau sms, telpon, Y!M hunny_90, via facebook, twitter
terima kasih :)

(tulisan menganai yoghurt ini dilansir dari berbagai sumber di internet)




-hunny-

6 comments on "yuk kenalan sama yoghurt ;)"

3kura^kura on June 5, 2011 at 2:02 PM said...

wow parah nih asli jadi pengen yoghurt bangeeeeett :)

mampir jg dong, boleh? :)
sumpitngakak.blogspot.com
thx :)

- h u n n y - on June 5, 2011 at 5:24 PM said...

oke oke :)

Danang D. Cahyadi on June 15, 2011 at 10:50 AM said...

kunjungan blog,,,haha,,,beginilah blogwalking...
btw,,,postingan ttg yoghurtnya bagus, mari sukseskan gerakan minum/konsumsi susu/olahan susu...
Btw, starternya sekalian ngebiakin ga? apa beli tok?
salam blogger.

rory on November 19, 2011 at 6:23 AM said...

Numpang promosi ya..
Kalo mau pesan yoghurt bisa di Yoghurt Padang Panjang. Website: http://www.yoghurtpadangpanjang.com/

Terimakasih -hunny-
hehe..

Ahmad Zaky on May 13, 2013 at 10:10 PM said...

Nice info... Jadi nambah pengetahuan tentang yoghurt nih.. Numpang coppas boleh ya..

manfaat yoghurt on September 23, 2015 at 4:06 PM said...

Seneng baca gaya penulisannya
hahahaha
terima kasih telah share tentang manfaat yoghurt ya

Post a Comment

terima kasih :)