Wednesday, September 5, 2012

Cara Membuat SKCK dan Kartu Kuning

Posted by - h u n n y - at 2:04:00 PM
Haihai. .jadi ceritanya kemarin aku abis ngurusin pemberkasan bakal pengangkatan CPNS yg UDAH TERTUNDA SELAMA SETAHUN GARA-GARA AKIBAT KENA MORATORIUM !!!!!
.\\//.
*maaf capslocknya kepencet  :p
hehee
oke. .back to business *benerin dasi*

salah dua dari berkas yang dibutuhkan itu adalah:
  1. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) atau yang biasa kita kenal dengan surat kelakuan baik
  2. Kartu Kuning atau Kartu Pencari Kerja
sebelum bikin kedua berkas itu kemarin, jujur ngeblang bgt. .ngga tau harus gimana dan harus kemana. .
tapi akhirnya saya berhasil bikin itu semuaaaa T.T
terharuuuu. .

jadi postingan ini sengaja aku bikin untuk memudahkan temen2 semua yang mungkin juga lagi perlu bikin SKCK dan KK ini. .
mudah2an bisa membantu dan memudahkan yak :D
mari disimaaaak. .
(nb: ini pembuatannya saya di Kota Bandung)

 Cara Membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

  1. datang ke RT lalu minta surat pengantar untuk bikin SKCK, dari RT lanjut ke RW-Kelurahan-Kecamatan. Mereka nanti juga udah ngerti kok. Dan seharusnya tidak ada pungutan biaya sepeserpun yaa. .
  2.  Surat pengantar yang dari Kecamatan dicopy dulu 1x sebelum dibawa ke Polsek, disana nanti diminta 2 rangkap soalnya. .Di Polsek ini kita diminta biaya Rp.10.000,- dan ada undang2nya..jadi itu bukan pungutan liar..siapin juga foto 3x4 4 rangkap.
  3. dari Polsek nanti kita disuruh lanjut ke Polres setempat. .naah disana tempat dibikinnya SKCK ini..kalo di Kota Bandung, Polres nya di Jl. Jawa, di gedung intelkam deket tempat bikin2 SIM gtu. .nanti ada tulisannya kok "Pelayanan SKCK" tempatnya kayak loket gtu. .
  4. sebelum ke loket itu, mending langsung ke tempat sidik jari, ngga jauh juga ruangannya dari tempat SIM itu, karena kemarin aku lgsg ke loket SKCK dan petugasnya nyuruh ke tempat sidik jari itu. saranku bawa tissue yaa, soalnya nanti bakal belepotan tangannya. .nanti disitu disuruh ngisi form sama disuruh ngumpul pas foto 3x4 2 atau 3 lembar gtu...daaan nanti petugasnya minta biaya gtu, Polisinya bilang "seridonya aja neng" -_________________________-" aku kasih aja 5rebu kemarin :p
  5. setelah punya rumus sidik jari itu baru deh kita ke loket SKCK, disana nanti diminta surat pengantar dari Polsek, Fotocopy KTP, Fotocopy Kartu Keluarga, pas foto 4x6 3 sama 2x3 1.
  6. Disini juga kita harus bayar Rp.15.000, dan disitu ada tulisan ada undang2nya...okeeeeh
  7. kalo semua persyaratan udah dipenuhi, udah deh ditinggal..SKCK nya jadinya keesokan harinya
  8. Besoknya kalo mau ngambil ngga harus sama kita kok, bisa sama siapapun yg penting bawa kartu identitas kita/ foto copy nya. .setelah jadi kalo mau dilegalasir, tinggal fotocopy terus balik lagi ke loket itu..bebas tanpa biaya :)
  9. Saran dari aku, begitu SKCK nya selesai, cek lagi..periksa ulang semuanya yg tertulis di SKCK itu..siapa tau ada kesalahan penulisan nama, dll. soalnya aku kemaren ada kesalahan penulisan Keperluan, padahal di surat pengantar udah tertulis "Untuk Pengangkatan CPNS" eeeh tau2 berubah jadi ditulis "Untuk Persyaratan Melamar CPNS" -__________-" udah gtu pas aku protes sama petugasnya, kira2 begini percakapannya: 
          "Bu, kok tulisan keperluannya jadi berubah, seharusnya untuk pengangkatan CPNS"
          "Loh, emang kamu udah diterima CPNS ? bukannya CPNS baru mau dibuka tuh pendaftarannya ?
          "Saya mahasiswa kedinasan Bu, udah mau diangkat ini"
          "oooh...ya kirain...yaudah sini diperbaiki, selesainya besok, Saya minta Fotonya lagi sama bayar lagi Rp.15.000" ngieeeeeeeeeeeeekkk -___________-" jadi ceritanya ini mah kayak bikin baru lagi -.-

ooh iya, masa berlaku SKCK ini selama 6 bulan..jadi kalo ntar udah lewat dan ngga berlaku harus diperpanjang lagi


Cara Membuat Kartu Kuning
 
  1. datang ke Dinas Tenaga Kerja setempat, kalo Kota Bandung di Jl. R.E.Martanegara No.4 di belakangnya Hotel Horison.
  2. bawa persyaratannya: Fotocopy Ijazah Terakhir, Fotocopy KTP, Pas Foto 3x4 2 lembar kalo ngga salah
  3. yaudah tinggal datang aja, ngantri..nanti kita harus ngisi keterangan2 gitu..terus jadi deh, triiink ! :D
  4. setelah jadi kalo mau legalisir nanti difotocopy dulu, dan nanti yah di tempat fotocopy itu abangnya bakalan ngasih pesan sponsor, "Neng nanti kalo mau legalisir ngasih aja seridonya sama yg ngelegalisir" -_________________-" wew..
  5. nanti bawa deh tu fotocopy-annya ke tempat bikin Kartu Kuning tadi, daaaaan kalo aku kemarin ngga ngasih "uang seridho" nya itu :DD hihiii :p
masa berlaku kartu kuning ini selama 2 tahun. .

oke sodara-sodari sekian ceritanya tentang SKCK dan Kartu Kuning. .
pokoknya saran dari aku sih selama bikin surat2 ini, mending bawa Pas Foto yg byk, bawa Foto Copy KTP yg byk, bawa Fotocopy Kartu Keluarga yg banyak, sama bawa uang 10rb sama 5rb an yg banyak juga buat jaga2 :DD

yg mau daftar2 nyari2 kerja..semoga sukses yaaa :)



-hunny-

26 comments on "Cara Membuat SKCK dan Kartu Kuning"

Anonymous said...

hihi.. bermanfaat bgt nih postingannya.
aku baru mau bikin nih,tapi bingung juga soalnya hari senin-jumat masuk kerja, klo sabtu pada buka kagak ya...

- h u n n y - on October 30, 2012 at 9:45 AM said...

kalo bikin kartu kuning kayaknya hari kerja aja deh, tpi klo SKCK hari sabtu bisa kok..tapi emang waktunya ngga selama hari biasa :)

Adcha on December 5, 2012 at 8:23 AM said...

mantap, lengkap, sangat membantu. Terima kasih banyak.

- h u n n y - on December 5, 2012 at 9:11 AM said...

iya Adcha, kembali kasih :)

Anonymous said...

mas, eh mbak itu bertahap ya dari rt>rw>lurah>camat???

- h u n n y - on February 1, 2013 at 3:38 PM said...

yup, bertahap...mas eh mbak..mbak eh mas :p

Annesya on February 8, 2013 at 6:23 AM said...

thank you yah :D

Dena Doll on February 8, 2013 at 1:02 PM said...

Cakep pisan :) (y)

moose said...

tengkyu infonya...

slamet riyadi on March 26, 2013 at 5:25 PM said...

msih bngung sih tp sangat mmbantu, THANK FOR YOU

slamet riyadi on March 26, 2013 at 5:26 PM said...

msih bingung sih mbak akunya, tp sangat membantu THANK FOR YUO

Lukman Doank on May 18, 2013 at 8:34 PM said...

TQ, ini yang dicariii carii...

- h u n n y - on May 20, 2013 at 9:05 AM said...

sama2 semuanyaa :D
alhamdulillah klo bermanfaat..

semangatt semangaatt nyari kerjanya \:D/

muhammad as'ad on May 20, 2013 at 9:43 AM said...

Nah, inilah yang saya cari... Siap siap meluncur ke depnaker...hehe
thanks infonya

kiki handian on May 29, 2013 at 8:46 AM said...

info nya da testing cpns bln agustus,bner ga?
Thank's info nya...

rifqi Dayat on May 31, 2013 at 8:22 AM said...

Sangat bermanfaat Postingan'a, thaxs. . .

klo gni kan ga sah bingung2 lg buat SKCK n KK :)

rifqi Dayat on May 31, 2013 at 8:24 AM said...

Thangs buat info'a,
sangat bermanfaat skali Mb BROW!

Jd ga susah2 lg Buat SKCK n KK, :)

- h u n n y - on June 3, 2013 at 7:27 AM said...

siph siph...semangat2 yg lg pd bikin :D

bgz wda on June 11, 2013 at 12:23 PM said...

Mksh mbAk. . .mantap informx. . .

Anonymous said...

Thanks info nya kak
sangat membantu dan sangat seru baca nya ^_^

Anonymous said...

hatur nuhun ingponya teteh

Susan Puspita on August 29, 2013 at 9:57 PM said...

makasih ya infonya.. kebantu banget :D

Anonymous said...

kocak amat ya birokrasinya :D

- h u n n y - on September 3, 2013 at 9:23 AM said...

sama2 semuanya :D
mudah2an pada berhasil yaa yg mau pd nyari kerja ;)

indra_edogawa666 on September 17, 2013 at 5:28 PM said...

haturnuhnuyyyyy

Bagoes on February 20, 2014 at 7:58 PM said...

birokrasi ngurus administrasi emang merepotkan
gambarannya cukup mudah dipahami
thank you

 

celotehannii Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal