About Pregnancy

wisata dokter kandungan

5:45:00 PM
About Pregnancy

cerita menuju '2 garis' :3

11:58:00 AM
Just for Information ;)

Ke Dokter THT RSUD Budiasih

2:25:00 PM
Just for Information ;)

"Wisata" ke Dokter THT

3:11:00 PM
Just for Information ;)

Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2013

8:16:00 AM
Tips Ala Hani :p

TIPS & TRIK Menghemat Biaya Pernikahan

12:00:00 PM

Sunday, September 1, 2013

wisata dokter kandungan

Posted by - h u n n y - at 5:45:00 PM 4 comments Links to this post
image from http://3.bp.blogspot.com/-KMcd6GZ21Rg/TglJoRVIxQI/AAAAAAAAAYw/42BsCNzsY70/s320/Dokter+Kandungan.jpg

semalem habis kontrol, ketemu anak pintar :D
alhamdulillah...13w4d dan semuanya normal :'D

okeokee...
mau share sedikit pengalaman 'wisata' ke dokter kandungan
;)


jadi jadi..udah ada beberapa dokter kandungan yang pernah aku kunjungi
dari sebelum hamidun, udah browsing2 sana-sini cari tau dokter kandungan di Jakarta yg bagus dan emmm...murah dimana yaa
hihiii..tetep yes..emak2 ngga mau rugi banget XD

ngga banyak sih sebenernya..
  1. KLINIK FAKHIRA
klinik fakhira ini terletak di jalan sawah lunto no 83A, kelurahan pasar manggis, Setiabudi Jakarta Selatan..tepatnya ngga jauh dari terminal manggarai, pas lampu merah abis terminal, belok kiri..
enaknya di klinik ini adalaaaaaaaaah biaya dokternya adalah Rp.0,- yaa NOL RUPIAH ALIAS GRATIIISS...
so sweet bgt yak :'D
dokter yg praktek tiap harinya pun beda2, kebetulan dokter yg pernah aku temui dr.Sita, dr.Mia dan dr.Henny...dan yg sreg di hati kayaknya dr.Henny..
jadi klo kesana cuma tinggal bayar biaya USG sama obat/vitamin aja..
biaya USG nya juga cuma 63rb udah sama ngeprint..murah bgt kan?
dr.Henny kan prktek selasa jam 19.00, naah pendaftaran dan nomor antrian bisa diambil mulai jam 17.00 teng!! jadi klo mau kebagian ya harus dtg antri dari jam 5 kurang, karena jumlah pasiennya juga dibatasi klo ga salah hanya 20 pasien..
setelah dapet nomor antrian, bisa pulang dan ntar balik lg deh :D

di klinik ini juga ada USG 4D juga loh katanya, tp blm pernah nyoba sih XD
hehee

2. KLINIK BIDARA MULIA

naah klo Bidara Mulia ini letaknya di sebelah kampusku dulu di Otista Kampung Melayu..
pengalaman dulu pernah nganter ipit pas hamil periksa kesini dan liat dokternya oke banget, jd ngiler kepengen kesini juga deh :D
dan bertemulah aku dengan dokter keren, cantik, masih muda, ramah, aaaak oke bgt deh pokonya.. namanya dr.Shirley :)
dokternya enak bgt diajak konsultasi, USG pun telaten bgt..hati2, pelan...ngajak ngobrolnya nyantai bgt dan ga bikin suasana tegang..
udah gtu klo nanya2 apapun via whatsapp/telpon pastiii dijawab :D
tapiii disini ngga gratis looh yaa kayak di klinik fakhira :p
Biaya dokternya Rp.80.000, USG kayaknya Rp.70.000 belum sama print tapi, klo mau ngeprint kayaknya nambah 10rb..

pokoknya nagih bgt deh ketemu dr.Shirley ini ;)


oke..semoga informasi dokter kandungan ini bermanfaat yaa buat yg lg nyari2 referensi :)


-hunny-

Thursday, August 22, 2013

cerita menuju '2 garis' :3

Posted by - h u n n y - at 11:58:00 AM 0 comments Links to this post
halo halo pembaca yang udah pada kangeen sama akuuu...

sekarang saya mau sharing dengan status baru saya sebagai emak2 yg alhamdulillah perutnya udah tekdung kurang lebih 12 minggu  :'3

setelah tepat setahun pernikahan, penantian, kegalauan, campur aduk semua rasa jadi satu...
akhirnya sekarang saya mau sharing byk pengalaman berharga saya menuju '2 garis' :'D
mudah2an bisa bermanfaat buat semua mbak2, adek2, emak2 semua yg lagi galau di luaran sana..

jadi ceritanya..sejak awal menikah tahun lalu, 27 mei 2012...memang aku sama suami kepengennya hamil setelah aku prajab aja, yaa maklum laah aturan dari kantor melarang wanita hamil untuk ikut prajab..
sampe akhirnya prajab datang dan selesai, dan kegalauanku dimulai... *jeng jeng jeeeeng*

Maret 2013 setelah prajab berakhir...

emang dr awal setelah menikah, pasti laaah ya ini bakal dialami sama semua pasangan yang baru menikah, "Habis menikah terbitlah pertanyaan 'udah isi belum?' " *kamera zoom-in zoom-out*
sebulan..dua bulan...tiga bulan...masih biasa aja nanggepin pertanyaan2 'iseng' itu dengan, "belum bu..kan masih baru, lagian mau prajab dulu aja biar tenang" *sambil nyengir*
tapi eh tapiiiiiiii lama2 kok gerah yaa ditanyain terus kayak gtu *kipas2*
sampai suatu hari, aku "disentil" sama suamiku,
"Sayang...kalo ada yang tanya lagi kayak gtu, kamu jangan jawab ditunda dan lain sebagainya yaa, jawab aja 'belum Bu, doakan aja' karena semua ini kan atas kehendak Allah, Dia yang mengatur jalan hidup kita, Dia yang mengendalikan semuanya, bukan kita...kita hanya menjalani, dan mungkin kita boleh berencana, tetap semua kembali adalah qodar Allah"
JLEEEEEEBBBBB!!! berasa tertusuk dan berasa ditampar keras aku ini, yaa Allah ternyata selama ini aku sombong di hadapan-Mu :(((
*yuuuuk istigfar bareng2*

dan sejak saat itu, aku mulai 'dewasa' menghadapi pertanyaan itu, "insyaAllah belum Bu, doakan aja mudah2an rejekinya segera dikasih sama Allah" *sambil senyum semanis2nya*


sejak bulan Maret, aku udah mulai galau...aku pengen hamil, aku pengen punya anak..
banyaaakk bgt hal yang aku cari tau, baik via internet ataupun ngobrol langsung sama org2 yg aku anggap kompeten :D
saking ngoyonya pengen hamil, sampailah satu titik dimana aku rasa aku mulai streess mikirin semua ini..
siklus haid ku berantakan, mood ku ancur2an, jadi sensian sama orang, rasanya cemburu liat org upload2 foto bayi mereka di sosial media, pengen guling2 liat org yg (sempet2nya) upload testpack 2 garis mereka ke sosial media...idiiiiiiiiiiiih rasanya pengen tak gigitin satu2 tuh...heheee *sabaaar*
sementara aku, ngerasain apa2 dikit aku pikir hamil, bentar2 testpack, bentar2 testpack...daaaan hasilnya selalu satu garis, ya...satu garis :(


Mei 2013,
setahun sudah aku menjadi Ny.Firman Abadi :')
dan setelah semua kegalauan yg aku lewati, mendidik aku untuk bersikap lebih dewasa...
ke-stress-an ku mulai hilang...aku hibur diri aku dengan selaluuuu berpikir positif..
aku malu dan capek kalo harus mengeluh terus, heeey HANIII! kamu ini belum lama menikah, diluaran sana banyaaaak sekali pasangan yg sudah 5 tahun, 6 tahun, 10 tahun, 20 tahun harus menunggu sampai akhirnya mendapatkan keturunan, ini kamu baru nunggu sesingkat ini udah merasa jadi org yg paling menderita gituuu???


daaaan ternyata, Alhamdulillah cerita babak kehidupanku yang berikutnya dimulai...
25 Mei 2013 hari pertama haid terakhir (HPHT) aku, pertengahan Juni aku udah mulai merasakan ada sesuatu yang aneh dengan badanku...apa jangan2 aku hamil??? tapi jadwal haidku masih lamaaa, aku ngga mau GR dulu !!! aaaaakkkkk *lompat2 jumpalitan*
mulai lah aku browsing (lagi) tentang tanda2 kehamilan...daaan yaaa namanya juga orang ngarep kepengen hamil, pasti semua dikait2in sama tanda2 kehamilan :D
aku share tanda-tanda kehamilan yang aku rasakan waktu itu :
  1. PD aku rasanya sakiiiit bgt, emang biasanya pas mau dapet suka sakit, tapi ini masih jauuuuh dr tanggal dapet rasanya udah sakiit dan gateell..
  2. pas perkiraan tanggal aku haid seharusnya di bulan juni, aku sakit pinggang ngga ketolongan..sama persis kayak sakit kalo pas aku haid, tadinya aku pikir, yaa mungkin emang aku mau haid kali...tapi si tamu tak kunjung datang
  3. beberapa hari kemudian aku mulai drop, aku kena flu, demam, batuk, pilek...karena udah telat dan masih berharap hamil, jadinya ngga berani minum obat sama sekali :D
30 Juni 2013 akhirnya aku beranikan buat testpack, setelah ditunggu sampe 5 menit sesuai petunjuk di kemasan testpack kok cuma satu garis,....eeeeh lama2 perasaan jadi ada garis yang kedua tapi samaaaaaaaaaaaaaaarrr bgt hampir ngga keliatan...
ngga mau GR, takutnya mataku juga yg salah, kan itu masih subuh dan mataku masih kriyep2 -.-

2 hari kemudian, masih penasaran akhirnya testpack lagii :D
dengan rekomendasi temen SMA yang baru dapet 2 garis juga, aku cari merk testpack rekomendasi dia...daaaan alhamdulilllaaaaah ngga lama garisnya ada 2, meskipun garis kedua emang warnanya pink..ngga merah kayak garis satunya...tapi alhamdulillaah sujud syukur disini aku bener2 yakin, insyaAllah aku hamil!
daaan sorenya kami ke dokter, tapi eh tapiii pas di USG masih belum terlihat apa2 di layar monitornya :'(
dokternyapun belum berani menyatakan aku hamil :|
ibu balik lagi aja bulan depan yaa..ini saya kasih vitamin, mudah2an bener ini hamil..

bingung...seneng campur sedih sepulang dr dokter itu :|


7 Juli 2013, iseng2 aaah testpack lagi...kali ini ngga ribet cari merk testpack tertentu, berhubung di rmh masih ada stok bbrp testpack 'murah' yg aku beli di alfam*di..ku pake aja :D
alhamdulilllaaaaaahh 2 garis jelas, merah, tebel :D
semakin yakin dan yakin kalo aku ini hamil :D

minggu depannya, 13 Juli 2013 aku datangi dokter kandungan yang lain...
daaaan alhamdulillah kantung janin udah terlihat dan aku dinyatakan POSITIF HAMIL :'DDDD
Alhamdulillah yaa Allah...maka nikmat Tuhanmu yg mana yang akan engkau dustakan, Hani...


oke well..mungkin itu sekelumit cerita yang bisa aku bagi buat temen2 semuanya...
yang masih berjuang, terus berusaha yaa jangan menyerah..
sedikit tips dari aku :
  • kunci utamanya adalah JANGAN STREEESSS !!
  • sabar, ngga usah marah, ngga usah ngamuk, ngga usah jengkel liat org 'pamer' kebahagiaan mereka tentang kehamilan, anak, dsb... tanggapi positif, tersenyum dan teruslah berdoa ;)
  • tapi kalo emang ngga kuat2 bgt, mending sementara menghilanglah dulu dari peredaran di dunia maya biar ngga streesss :D
  • banyak makan makanan yang bergizi
  • terus dan terus ikhtiar dan berdoa..mudah2an Allah segera paring keturunan yg sholeh/sholehah, amiiiiin


-hunny-

Wednesday, May 8, 2013

Ke Dokter THT RSUD Budiasih

Posted by - h u n n y - at 2:25:00 PM 0 comments Links to this post
masih tentang kuping, dokter dan teman2nya...
sekarang aku mau berbagi pengalaman pas ke dokter THT di RSUD Budiasih Jakarta Timur, soalnya ribet dan lamaaa...jadi siapa tau bisa jadi referensi buat yang mau "jalan-jalan dan belanja" kesana juga XD

jadiii...tempat poli THT ini ada di lantai 2
dari tangga kalo kita masuk dari depan, belok kanan ke meja registrasi yg paling ujung yg deket poli anak..ini yang jalur umum yaa, klo jalur askes, dll aku ngga tau deh :p

kita harus daftar dulu di meja registrasi ini, kalo pasien baru ngisi form dulu dan tumpuklah di keranjang kecil di meja itu dan tunggu sampai nama kita dipanggil, kalo pasien lama tinggal taruh kartu berobatnya disitu...
nanti disitu kita dipungut biaya pendaftaran:
Rp. 15.000 untuk pasien baru
Rp. 10.000 untuk pasien lama
klo ngga salah, jam pendaftarannya itu jam 8.30-11.00 untuk hari senin-jumat, dan jam 08.30-10.00 untuk hari sabtu
daaaaaaaan saranku adalah, untuk dateng sepagi mungkin buat daftar, jam 7 laah gtu datang biar dapet nomor antrian awal...klo perlu nginep aja di rumah sakitnya :p muehehehee *digebukin suster*

setelah dapet nomor antrian dari meja pendaftaran tadi dan udah bayar, saya ucapkan SELAMAT MENUNGGU YEESS! karena dokter dijadwalkan baru datang jam 9.00 dan udah 2x kesana dookternya baru ada jam 09.30 -_________-"
klo yg rumahnya deket, mnding pulang aja, tpi klo yg jauh2 kan jadi galau mau ngapain dan mana disana rame bgt pula, berani ngangkat pantat dr kursi tunggu, langsung deh tu kursi disamber orang wussssssssss...


nanti kalo dokter udah datang, kita bakal dipanggil ke ruang tunggu yang di dalem sekitar 5-10 orang...
dan wuussss wuuusss wuussss dokternya meriksanya cepet bgt -_______-"
abis ditangani dokter, nanti kita dikasih bill untuk bayar di meja pendaftaran tadi...
setelah bayar, balik ke suster lagi nanti resep dari dokternya baru deh dikasihin..
biaya dokternya disini Rp. 25.000, biaya alat Rp.30.000, biaya ear toilet Rp.30.000 klo ada biaya2 tindakan lain ngga tau juga deh, soalnya pas aku kesana cuma itu aja tindakannya..

setelah resep di tangan, tebuslah di apotek di lt 1 dekat tangga pas mau naik tadi,
kasih resep td ke mba2 apoteker, nanti nama kita dipanggil dan dikasih bill untuk dibayar di kassa di lt 1 bagian belakang...
setelah bayar nanti kita dapet nomor antrian pengambilan obat
dan yaaaaaaaaaak kembali nunggu lagi, nunggu lagiii -_______-"

saranku sih, tebus di apotek luar aja, dulu aku udah antri di apotek 1 jam ternyata obatnya ngga ada -_______-"


yaa...ada harga ada kualitas, kalo punya uang mending ke RS THT Bedah Proklamasi aja di menteng
hihiii
tpi siapkan biayanya minimal 4 kali lipatnya yes :p


semoga bermanfaat,
yang sakit2 telinganya mudah2an cepet sembuh ;)

-hunny-

Tuesday, May 7, 2013

"Wisata" ke Dokter THT

Posted by - h u n n y - at 3:11:00 PM 89 comments Links to this post
assalammualaikum
hai hai hai. .
bertemu lagi dengan saya, dengan telinga yang udah sehat dan ngga bermasalah lagi :D
*pasang bunga di telinga*

oke...penderitaan di telinga kananku sejak bulan desember 2012 lalu, baru selesai tuntas, tas tas taaassss DEMI TU....HAAAAAAAAAAANN!!! *gebrak-gebrak meja*
*ini kenapa jadi ke arya wiguna -___________-"*
pokoknya sembuh insyaAllah...akhir april kemarin...
udah ada buanyaaaaakkk dokter THT yang aku datangi dan uangnya juga juga udah HABIS BANYAAAAKK HEEEEY SUBUUUUR!!! *injek-injek bumi* *arya wiguna lagi* XD

jadi jadi jadi...kmrin telingaku tu selain ada radang, atau bahasa medisnya otitis media, juga ada jamurnya sodara-sodara...
jangan bayangkan ini jamur yg bisa dimasak itu, jangaaaannnn!!!
terdengar sedikit menggelikan yess telinga bisa berjamur, but that happen to me, to my ear T.T
*halah pake bahasa enggrees segala pdhal salah jugak yak :p *

jadi yaa, ini radang telinga itu kambuhan...daaaaan sekalinya dia kumat, rasanya sakiiiittttt bgt bgt bgt >.<
udah gtu sampe infeksi dan bernanah. .
krna telinga jadi agak berair krna infeksi, lembablah si telinga ini daaaaaaaaaaan ditumbuhilah oleh jamur2 nakal itu -____________-"
dan ketahuilah kawan, klo telinga udah dihinggapi jamur, pengobatannya butuh waktu dan lama dan biaya :((( *semua kembali ke duit XD

oke oke...disini aku mau share pengalamanku ke dokter2 THT di jakarta, siapa tau bermanfaat buat semua pembaca yang lagi cari referensi buat ke dokter THT ;)

  1. dr. Eliot
    pengalaman ke dokter ini udah pernah aku ceritain disini yaaa ;)
  2. dr. Jamal
    dokter THT ini aku berobat di lenteng agung, jagakarsa karna waktu pas lagi diklat di lenteng agung, sakit telingaku kambuh...emmm, gimana yaa klo aku sih ngerasa kurang cocok sama dokter ini..soalnya cepet bgt dan dokternya ditunggu datangnya lamaaaaaa bgt -_____________-"
  3. dr. siapa lupa namanya di Garut, tempat prakteknya di apotik apaa gtu deket lapangan apaaa gtu namanya di Garut XD (beneran lupa)
    dokter ini lumayan enak juga, tapi terpaksa ke dokter di garut ini karna pas lagi liburan ke garut, kupingku kambuh lagi sodara-sodara, infeksi lagi! doh!
  4. dr.Iqbal, RS THT Bedah Proklamasi
    kalo dokter yang satu ini emmm....jempooooolllll bgt pokokknya, dokternya masih muda, baik, ramah, enak diajak konsul, teliti, nanganin kupingnya juga hati2 dan apiiiik bgt :D aku ngobatin jamur di dokter ini, 1 bulan lebih treatment di RS THT Proklamasi ini, tiap minggu kontrol dan bersihin jamurnya dan tipislaaah juga dompet karna berobat kesini yang tiap minggunya rata2 minimal 360-400rb biaya yg harus dikeluarkan -_________________-"
    sampai akhirnya aku dinyatakan sehat telinganya...
    seminggu setelah dinyatakan sehat, eeeeh kambuh lagi telinganya sakit, krna uang sedang menipis jadi ngga balik ke dr.Iqbal dan kembali ke dokter lain dengan traetment yang seharusnya tidak dilakukan kayaknya, tumbuhlaaah lagi ini jamur ditelinga T_________________T
    akhirnyaaa datanglah aku ke dokter selanjutnya
  5. dr. renie apa dr.rinie gtu namanya, di RSUD Budiasih
    coba cari alternatif ke dokter lain yg lebih murah, akhirnya datanglah aku ke RSUD Budiasih...daaan yaaa ngga usah bandingin sama RS THT Proklamasi yes, disini ruwameeeeee, nguantriiiiiiiiiiiiii, dan lamaaaaaaaa.... yaaa biayanya pun 1/5 dari biaya RS swasta itu XD
    berobat kesini alhamdulillah jamurku sembuh :'D

    (diedit tanggal 27 september 2013)
  6.  jadii setelah dari dr.renie, ternyata kupingku masih tumbuh jamurnya -_________- sekitaran 2 bulan yang lalu, karna males antri ke budiasih dan ada komen di postingan blogku klo dokter tht di RS. Salemba Satu Medika bagus, akhirnya kesana laaah aku...
    daaan betuuul...2x datang lgsg bersih jamurnya :D
    tanpa ada dikasih obat yg harus diminum, tnpa antibiotik, dll...
    harganya juga lumayan terjangkau laah..meskipun ngga semurah budiasih tp ngga semahal proklamasi XD
    hehee
    daan sampe saat ini alhamdulillah kupingku masih sehat walafiat..mudah2an ngga kambuh2 lagi..amiiin



    emmm...jadi yaaa, kesimpulannya ada harga ada kualitas buat rumah sakit *yaiyalaaaaah*
    daaaan saranku, datanglah ke dokter yang ada fasilitas kamera ke kupingnya, apalaah yaa namanya alat itu :D biar kita ngga penasaran dan bisa lihat, ada apa di telinga kita lewat layar tv XD
    Kmren sih di RS THT Proklamasi sama RSUD Budiasih yang ada alat itu
    heuheuuu...
    dan satu lagi pesan penting JANGAN KOREK-KOREK KUPING PAKE CUTTON BUD SEMBARANGAAAN!!!

    semoga bermanfaat yess...



    -hunny-

Thursday, February 7, 2013

Penerimaan Mahasiswa Baru STIS 2013

Posted by - h u n n y - at 8:16:00 AM 1 comments Links to this post

Haloooo adik2...... *dadah2 cantik*

kabar gembira buat adik2 semua yg lg nunggu info penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik 2013...

Lihat update-an status di fan page STIS, ada informasi

Pendaftaran online PMB STIS 2013 mulai dibuka tgl 18 Maret s.d 19 April 2013. Tes tahap1: 4 Mei 2013.

 ini penampakannya:

 
PMB STIS 2013

Biar infonya update terus, mending di like aja fanpage nya di facebook ya^^

https://www.facebook.com/Sekolah.Tinggi.Ilmu.Statistik/posts/502171829825653

ini alamat website resmi STIS, tempat buat pendaftaran online nanti http://stis.ac.id/

siap2 belajar dr sekarang \:D/

Tuesday, February 5, 2013

TIPS & TRIK Menghemat Biaya Pernikahan

Posted by - h u n n y - at 12:00:00 PM 2 comments Links to this post
Assalammualaikum. .
hai hai...seperti biasanya, blog ini terbengkalai...udah sibuk di kantor sekarang, sibuk mencari kesibukan -.-
*sungkemin pembaca satu2*

udah dr jaman duluu bgt diminta byk org buat ngepost tulisan tentang tips & trik menghemat biaya pernikahan, kini saatnya aku buat ngebagi ilmu yg aku dapat, aku pelajari dan aku amalkan pas waktu nikahan 27 Mei 2012 yang lalu :D

oke..sebelum mulai baca postingan ini, siapin dulu cemilan yg banyak, yg belum solat sana solat dulu, yg belum mandi gpp ga usah mandi dulu :DD tapi yg paling penting, yg masih jomblo mending sana cari pacar dulu biar bisa lgsg praktekin tips2nya nanti :p
hehee^^v

emm...klo ngomongin soal nikah menikah, siapa siiih yg ngga mau nikaaahhh ???
apalagi yg udah pada lulus2 kuliahnya, udah kerja, apalagi klo udah mapan, udah deh pasti bakalan kebelet pengen nikah ;)
tapi ngga jarang juga byk pasangan yg menunda menikah dengan alasan, "belom ada modal kawin nih"
"belom ada duit nih"
"belom ada yang mau sama gue nih", emmm klo itu urusan kalian yaa...aku bukan biro jodoh :p *kemudian ditimpukin*

emang ngga bisa dipungkiri sih, MENIKAH MEMANG BUTUH BIAYA, BANGET!
aku dulu pas mau nikah termasuk yg agak panik mikirin biaya, duit pas2an tp kepengen kawiiin :DD
hehe
tapi tenang, memang resepsi pernikahan itu mahal, tapi biayanya bisa ditekan kok ;)
yuuuk kita bahas satu persatu..

1. Gedung
hmm...biaya gedung ini juga lumayan..sebenernya akan lumayan menghemat kalo resepsi nikahannya diadakan di rumah, cuma ya pastinya bakalan lebih repot...
tips dari aku, carilah gedung resepsi yg deket sama rumah...pengalaman kmrin gedung tempat nikahanku deket bgt dr rumah, jd ada apa2nya gampang ;)
terus niiih. .sesuaikan kapasitas gedung sama jumlah tamu yang bakalan diundang...
daan, begitu udah deal mau nikah tgl berapa, buruan deh cepet2 nomer satu booking gedungnya...apalagi kalo nikahnya tanggal cantik, mesti bener2 dari jauh-jauh hari banget :D

2. Jumlah tamu yang akan diundang
naaah ini akar dari segala masalah :DD hehee
kalian harus sebijak mungkin memilih dan memilah tamu yang mau diundang, karena semakin byk tamu yang bakalan diundang, semakin bertambah juga biaya yang diperlukan.
mulai list dari jauh2 hari siapa aja yang mau diundang, tamu dari pihak calon pengantin, orangtua, besan, klo lg ngelist nih ga bakal berasa deh tau2 meledak jumlah org yg pengen diundang byk bgt :s
daaan tips yg paling penting, jangan asal2an bikin invitation di facebook terus kalian ngundang semua temen kln di fb kenal ngga kenal, deket ngga deket, sekali lagi jangaaannn!!! ada pengalaman orang yg aku kenal, dia bikin invitation ngasal gtu, dan ternyata datanglah org2 yg ga disangka dan banyak dan akhirnya makanannya kurang! OH NO...jangan sampe yaa temen2 ;)
klo mau bikin invitation gtu, mending yg private aja, digembok dan undang temen2 yg bener2 mau diundang aja ;)

3. Salon dan Dekorasi
ini juga nih yg harus segera dipesen jauh2 hari...apalagi klo mau pake vendor yg terkenal (dan mahal :p)
heheee
pastikan layanan apa aja yg bakalan kamu dapet dari salon tsb..dan saranku siiih, minta diadakan test make-up sama jilbab dulu bbrp hari menjelang hari H jadi nanti klo riasannya kurang cocok kita minta diperbaiki gtu ;)
Dekorasi biasanya sepaket gtu dr salonnya, tp klo mau misah sendiri juga bisa...tp jatohnya emang bakalan lebih mahal...
oh iya, baju pengantinnya mending nyewa aja dari salon, sayang kalo bikin cuma buat dipake sekali doang :p

4. Cattering
hemmm...inilah penyumbang pembengkakan biaya terbesar, makanan. Semakin byk tamu yg diundang, semakin byk juga makanan yg harus dipesen.
1 undangan sih biasanya dihitung 2 kepala, tpi kyaknya sekarang udah ngga berlaku deeh, secara sering bgt liat di kondangan ada pasangan bawa anaknya 3 dibawa semua -________-"
jadi misal nih kita nyebar 500 undangan, pait2nya bgt harus pesen 1000 porsi makanan...
klo bisa sih dilebihin, karena keluarga yg dateng biasanya ngga terhitung jumlahnya...
sebenernya klo bener2 mau menekan biaya adalah dengan masak sendiri, kerahkan semua tetangga buat masak :DD tapi yaaa itu, emang bakal lebih ribet dan riweuh..kalo di cattering kan kita tinggal terima jadi aja ;)
cari aja, banyaaak kok cattering yg murah dan terjangkau. Tapi pastikan juga masakannya enak, dan jangan lupa lakukan test food dulu. .dan yg penting adalah cari cattering yg jujur. Sering denger kasus, ada cattering yang kita pesen 1000 porsi tp dia bikininnnya cuma 700 atau 800 -___________-"
Hal yg sangat penting, jangan sampai kekurangan makanan! ;)

5. Kartu Undangan
kalo mau praktis, pilih model tinggal pesen deh...
tapiii...kmrin aku ngga pake cara itu :p buat menghemat biaya aku desain sendiri undnagannya kayak gimana..
bukan aku sih yg bikin, tp temen yg jago desain :p
hehee...
browsing aja model2 undangan di internet, ada banyaaaaakkkk bgt...atau bikin konsep sendiri juga seru..
setelah desainnya jadi dalam bentuk .psd, .jpg dll bawa sendiri deh tuh ke percetakan..
pilih kualitas kertas yg bagus dan dilaminasi...
beneran deh ini menghemat biaya lumayaaaan bgt...bisa sampe 50% dibanding kita beli jadi di orang yg jual2 undangan gtu :D

6. Souvenir
emm...ini lumayan juga nih...
Saranku,,jangan asal beli souvenir yg ga ada manfaatnya, dan hindari barang2 yg terlalu riskan buat rusak...
naaah, biasanya anak2 kecil tu pada sibuk minta dibagi satu2 -____________- *jitakin*
buat amannya sih, beli souvenir lain yg lbh sederhana buat anak2 kecil :D

sementara itu dulu kali ya yg bisa aku share..
semoga bisa bermanfaat buat kalian :)

oh iya, resepsi pernikahan itu tu ngga wajib kok..jadi ya klo memang biayanya ngga ada ya ngga usah memaksakan sampe ngutang sana-sini, yg penting kan ijab qabulnya...yg penting SAAAAAAHHH secara hukum dan agama :'D
daaan buat yg melaksanakan resepsi, duitnya jangan habis2an buat resepsi semua, karna biaya setelah menikah dan memulai rumah tangga baru itu juga lumayan besar :D

selamat menikah, selamat mencari orang yg mau diajak nikah buat yg masih jomblo :p