Sunat Bayi? Siapa Takut!

11:02:00 AM

"haah masih bayi kok udah disunat?"
"iih hani...kan kasian.."

itu rata2 ekspresi yang orang2 keluarkan pas bilang izar disunat..
hmmm...yuk mari, skrg aku mau ceritakan asal muasal terbentuknya gunung tangkuban perahu *loh
*digetok pembaca XD

jadi jadi,,,pas usia izar sekitar 3,5 bulanan, izar demam tinggi sampe 40 dercel :O
wuuu panaaaass bgt, demam tinggi sampe 1 minggu ngga sembuh2...
demam-kompres-minum obat-demam lagi-kompres lagi-minum obat lagi dst -.-
cek darah pun hasilnya bagus, etapii...ada indikasi izar sedang terserang infeksi
tapi masih tanda tanya, infeksi dimananya??

pas periksa ke DSA, dicek lah itu tititnya izar, kulupnya ditarik dan AHAAA! ketauan.. kulupnya agak merah, dan disitu byk putih2 kotorannya..
akhirnya izar dibilang kena infeksi saluran kemih (ISK), karena saat itu juga kita mendeteksi izar pipisnya kayak anyang2an gtu sedikit2, udah gtu ngeden kalo pas mau pipis :( kan kasiaaaan
dan dgn terpaksa, izar harus terpapar antibiotik di usia sekecil itu....
hhhhhh...


alhamdulillah izar sembuh buh buh setelah itu...udah ngga demam lagi..

jadwal imunisasi di Rumah Vaksinasi ketemu dr,piprim, sekalian deh nanyain ke dr,piprim tentang ISK..
terus dr,piprim ngecek tititnya izar dan yaa katanya kulupnya itu sempit, jadi kalo pipis ngga akan habis air seninya, akan ada yg tersisa di kulupnya itu dan menjadi tempat enak buat bakteri berkembang,
"udah bu,,disunat aja anaknya, biar ngga parno kambuh lagi ISK nya, obatnya ya cuma disunat itu"
deg! haah? disunaaat ? izar kan masih bayi bingiit ?
saat itu bener2 blank ngga bisa membayangkan ini gimana klo izar disunat ?
ngga tega,,,galau,,,bingung,,,nyabutin kelopak bunga mawar satu2 sunat-ngga-sunat-ngga (oke, ini mulai lebay)
maju mundur, hari ini "ayah..oke fix, kita sunat izar", besok "yaaah...duh bener nih izar mau disunat? ngga nanti2 aja kalo udah gede?" XD
uuuuwww kyknya aku ini anggota bububil banget! (ibu-ibu labil)

demi kebaikan dan kesehatan Abizar ganteng, bismillah kami memutuskan untuk mengkhitan izar setelah lebaran..

hari H pun tiba..............jreng jreeeeng....

kami memutuskan untuk mengkhitan izar di Rumah Sunatan, alasannya cuman satu, karena Rumah Sunatan ngga begitu jauh dari rumah :D
Izar dikhitan menggunakan metode smart klamp, jadi tanpa jahitan dan tanpa berdarah :)

(gambar dari https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTaZcau2iOE6d9v79RHnrgYz6JLDACCOBwX97FLWSAmwF938x623w)

waktu izar dieksekusi, duh! ketar ketir hatiku maaak !
deg2an bukan kepalang @.@
nanti izar gimana yah?
klo kesakitan gimana?
rewelnya bakal berapa hari?
sembuhnya kapan?
tuing tuing...criing! kembali menjadi bububil

aku nunggu di ruang tunggu aja deh, ngga berani nemenin izar di dalem...ngga tegaaa T.T
ayah, umi, dan onty di dalam ruang tindakan nemenin izar yang udah mulai ngerengek2 keras, bukaaan  bukan karena kesakitan soalnya udah dibius, tapi karena dia berontak dan ga betah tangan dan kakinya dipegangin ga boleh gerak :D
aku? di ruang tunggu pura2 ga denger padahal mah kepengen ikutan nangis juga XD

izar di ruang tindakan kurang lebih 15 menitan, setelah jejeritan nangis kemudian nenen dan bobok! alhamdulillaaah...
sesaat setelah izar dikhitan, poto dulu buat bukti nanti kalo izar udah gede klo dia udah disunat, takut minta sunat lagiii XD
(itu ceritanya izar sarungan pake pernel :p)



sesampainya di rumah, yaaak! petualangan dimulai!
biusnya izar udah mulai ilang, izar mulai kesakitan dan dia nangis kejeeerrrr jer jerrrr sampe badannnya pada kaku, suaranya serak, batuk2 lebay, dan itu berlangsung 3 JAM NON STOP !
izar cuma mau digendong sambil nangis terus, diajak duduk ga mau, apalagi tiduran...
aku gendong dan peluk terus izar yang nangisnya sampe ngga keluar air mata, tangan sampe gemeteran 3 jam full gendong izar (izarnya ndutt sih :p) dan yaaak akupun pastinya ikutan nangis XD

setelah itu, udah ga terlalu sakit mungkin ya.. izar pun tidur :D
alhamdulillaaah leganya liat izar bisa tidur, kasian dia nangis kejer sampe kecapean..

masih deg2an nanti kalo bangun nangis lagi gimanaaa...
tapi eh tapi ternyata pemirsa, setelah itu izar anteng dan soleh seperti biasa, ngga kayak pasien sunatan :D
dengan klamp yang mecucu jreeeeeeeng tau2 izar bisa tengkurep sendiri :D
wuaaaa jangan tengkurep dulu deeek,,,takut klampnya copot XD

setelah 5 hari, kontrol untuk cabut klamp, setelah itu tunggu 10hari-an kulit matinya copot juga...
jadi yaa total 2 mingguan deh sembuh total nya..
alhamdulillah setelah semuanya terlewati, ternyata ngga sehoror film2 thailand :D
ternyata kata dokter emang kalo disunat waktu bayi, sembuhnya lebih cepet dan dia kan belum ngerti juga..
alhamdulillah jadinya izar ngga rewel, dan postingan ini bunda bikin buat bukti ya dek kalo kamu waktu bayi udah sunat, nanti udah gede ga boleh minta sunat lagi karena pengen dibeliin sepeda :p
kkkkkk~


Alhamdulillah,,,skrg izar udah sembuh total, insyaAllah ngga akan kena ISK lagi..
udah gede, tambah soleh, tambah sehat, tambah ngganteng mengalahkan ayah :D
hihiii

Kamu anak hebat nak!
Ayah & Bunda sayang Izar :)



-hunny-



You Might Also Like

6 comments

  1. Anak saya usiany 1tahun pas mba n fimosis jg. Rencana sh pengen dsunat smart klamp jg, perawatannya gimana mba ribet ga sh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ribet sih, ribet sedikit aja :D

      pokoknya tiap abis pipis atau kena basah, tabung klampnya harus dikeringin lagi..nah ngeringinnya hati2 biar ngga kena penisnya..soalnya sensitif bgt..

      Delete
  2. thaks udah menulis pengalaman anak bunda. rencananya aq mau sunatin bayiku yg br umur 3 bulan, gak ada indikasi medis sih, cuma mencegah isk aja, krn kakanya (2,5) terpaksa sunat krn isk jg. justru aq lbh kasihan liat balita disunat dibanding bayi, mereka sudah bisa mengalami trauma. skr saja sdh 2 minggu luka sudah sembuh tp tiap malam suka mimpi buruk sampai mengigau sakit

    ReplyDelete
  3. makasih udah menulis pengalamannya mbak. rencananya bayi sy mau disunat (3bln). agak ragu krn bnyk yg bilang kasihan, sy sndr jg takutnya ribet perawatan paska sunatnya, stelah ini mantap sunat dini untuk bayi saya

    ReplyDelete

terima kasih :)

Thursday, August 28, 2014

Sunat Bayi? Siapa Takut!

Posted by - h u n n y - at 11:02:00 AM
"haah masih bayi kok udah disunat?"
"iih hani...kan kasian.."

itu rata2 ekspresi yang orang2 keluarkan pas bilang izar disunat..
hmmm...yuk mari, skrg aku mau ceritakan asal muasal terbentuknya gunung tangkuban perahu *loh
*digetok pembaca XD

jadi jadi,,,pas usia izar sekitar 3,5 bulanan, izar demam tinggi sampe 40 dercel :O
wuuu panaaaass bgt, demam tinggi sampe 1 minggu ngga sembuh2...
demam-kompres-minum obat-demam lagi-kompres lagi-minum obat lagi dst -.-
cek darah pun hasilnya bagus, etapii...ada indikasi izar sedang terserang infeksi
tapi masih tanda tanya, infeksi dimananya??

pas periksa ke DSA, dicek lah itu tititnya izar, kulupnya ditarik dan AHAAA! ketauan.. kulupnya agak merah, dan disitu byk putih2 kotorannya..
akhirnya izar dibilang kena infeksi saluran kemih (ISK), karena saat itu juga kita mendeteksi izar pipisnya kayak anyang2an gtu sedikit2, udah gtu ngeden kalo pas mau pipis :( kan kasiaaaan
dan dgn terpaksa, izar harus terpapar antibiotik di usia sekecil itu....
hhhhhh...


alhamdulillah izar sembuh buh buh setelah itu...udah ngga demam lagi..

jadwal imunisasi di Rumah Vaksinasi ketemu dr,piprim, sekalian deh nanyain ke dr,piprim tentang ISK..
terus dr,piprim ngecek tititnya izar dan yaa katanya kulupnya itu sempit, jadi kalo pipis ngga akan habis air seninya, akan ada yg tersisa di kulupnya itu dan menjadi tempat enak buat bakteri berkembang,
"udah bu,,disunat aja anaknya, biar ngga parno kambuh lagi ISK nya, obatnya ya cuma disunat itu"
deg! haah? disunaaat ? izar kan masih bayi bingiit ?
saat itu bener2 blank ngga bisa membayangkan ini gimana klo izar disunat ?
ngga tega,,,galau,,,bingung,,,nyabutin kelopak bunga mawar satu2 sunat-ngga-sunat-ngga (oke, ini mulai lebay)
maju mundur, hari ini "ayah..oke fix, kita sunat izar", besok "yaaah...duh bener nih izar mau disunat? ngga nanti2 aja kalo udah gede?" XD
uuuuwww kyknya aku ini anggota bububil banget! (ibu-ibu labil)

demi kebaikan dan kesehatan Abizar ganteng, bismillah kami memutuskan untuk mengkhitan izar setelah lebaran..

hari H pun tiba..............jreng jreeeeng....

kami memutuskan untuk mengkhitan izar di Rumah Sunatan, alasannya cuman satu, karena Rumah Sunatan ngga begitu jauh dari rumah :D
Izar dikhitan menggunakan metode smart klamp, jadi tanpa jahitan dan tanpa berdarah :)

(gambar dari https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTaZcau2iOE6d9v79RHnrgYz6JLDACCOBwX97FLWSAmwF938x623w)

waktu izar dieksekusi, duh! ketar ketir hatiku maaak !
deg2an bukan kepalang @.@
nanti izar gimana yah?
klo kesakitan gimana?
rewelnya bakal berapa hari?
sembuhnya kapan?
tuing tuing...criing! kembali menjadi bububil

aku nunggu di ruang tunggu aja deh, ngga berani nemenin izar di dalem...ngga tegaaa T.T
ayah, umi, dan onty di dalam ruang tindakan nemenin izar yang udah mulai ngerengek2 keras, bukaaan  bukan karena kesakitan soalnya udah dibius, tapi karena dia berontak dan ga betah tangan dan kakinya dipegangin ga boleh gerak :D
aku? di ruang tunggu pura2 ga denger padahal mah kepengen ikutan nangis juga XD

izar di ruang tindakan kurang lebih 15 menitan, setelah jejeritan nangis kemudian nenen dan bobok! alhamdulillaaah...
sesaat setelah izar dikhitan, poto dulu buat bukti nanti kalo izar udah gede klo dia udah disunat, takut minta sunat lagiii XD
(itu ceritanya izar sarungan pake pernel :p)



sesampainya di rumah, yaaak! petualangan dimulai!
biusnya izar udah mulai ilang, izar mulai kesakitan dan dia nangis kejeeerrrr jer jerrrr sampe badannnya pada kaku, suaranya serak, batuk2 lebay, dan itu berlangsung 3 JAM NON STOP !
izar cuma mau digendong sambil nangis terus, diajak duduk ga mau, apalagi tiduran...
aku gendong dan peluk terus izar yang nangisnya sampe ngga keluar air mata, tangan sampe gemeteran 3 jam full gendong izar (izarnya ndutt sih :p) dan yaaak akupun pastinya ikutan nangis XD

setelah itu, udah ga terlalu sakit mungkin ya.. izar pun tidur :D
alhamdulillaaah leganya liat izar bisa tidur, kasian dia nangis kejer sampe kecapean..

masih deg2an nanti kalo bangun nangis lagi gimanaaa...
tapi eh tapi ternyata pemirsa, setelah itu izar anteng dan soleh seperti biasa, ngga kayak pasien sunatan :D
dengan klamp yang mecucu jreeeeeeeng tau2 izar bisa tengkurep sendiri :D
wuaaaa jangan tengkurep dulu deeek,,,takut klampnya copot XD

setelah 5 hari, kontrol untuk cabut klamp, setelah itu tunggu 10hari-an kulit matinya copot juga...
jadi yaa total 2 mingguan deh sembuh total nya..
alhamdulillah setelah semuanya terlewati, ternyata ngga sehoror film2 thailand :D
ternyata kata dokter emang kalo disunat waktu bayi, sembuhnya lebih cepet dan dia kan belum ngerti juga..
alhamdulillah jadinya izar ngga rewel, dan postingan ini bunda bikin buat bukti ya dek kalo kamu waktu bayi udah sunat, nanti udah gede ga boleh minta sunat lagi karena pengen dibeliin sepeda :p
kkkkkk~


Alhamdulillah,,,skrg izar udah sembuh total, insyaAllah ngga akan kena ISK lagi..
udah gede, tambah soleh, tambah sehat, tambah ngganteng mengalahkan ayah :D
hihiii

Kamu anak hebat nak!
Ayah & Bunda sayang Izar :)



-hunny-



6 comments on "Sunat Bayi? Siapa Takut!"

Anonymous said...

Anak saya usiany 1tahun pas mba n fimosis jg. Rencana sh pengen dsunat smart klamp jg, perawatannya gimana mba ribet ga sh mba

- h u n n y - on November 30, 2015 at 2:34 PM said...

ngga ribet sih, ribet sedikit aja :D

pokoknya tiap abis pipis atau kena basah, tabung klampnya harus dikeringin lagi..nah ngeringinnya hati2 biar ngga kena penisnya..soalnya sensitif bgt..

Ayuningthyas Rahardjo on December 29, 2015 at 3:01 PM said...

thaks udah menulis pengalaman anak bunda. rencananya aq mau sunatin bayiku yg br umur 3 bulan, gak ada indikasi medis sih, cuma mencegah isk aja, krn kakanya (2,5) terpaksa sunat krn isk jg. justru aq lbh kasihan liat balita disunat dibanding bayi, mereka sudah bisa mengalami trauma. skr saja sdh 2 minggu luka sudah sembuh tp tiap malam suka mimpi buruk sampai mengigau sakit

Anonymous said...

makasih udah menulis pengalamannya mbak. rencananya bayi sy mau disunat (3bln). agak ragu krn bnyk yg bilang kasihan, sy sndr jg takutnya ribet perawatan paska sunatnya, stelah ini mantap sunat dini untuk bayi saya

- h u n n y - on December 30, 2015 at 3:35 PM said...

sama2 mba :) mudah2an sehat2 yaa :)

- h u n n y - on December 30, 2015 at 3:35 PM said...

sama2 mba :) mudah2an sehat2 yaa :)

Post a Comment

terima kasih :)